Mengelola Keuangan di usia 20-an

by

Usia awal 20-an merupakan usia ketika Anda mulai lepas dari sokongan orangtua dan membangun karier. Bagaimana cara mengelola keuangan yang tepat?

Tak sedikit yang merasa kesulitan menyisihkan uang untuk ditabung ketika menerima gaji pertama. Di usia 20-an, seringkali seseorang merasa dilema antara memenuhi gaya hidup dan menyiapkan pensiun sejak dini.

Simak tip berikut ini agar lebih bijak mengelola keuangan di usia 20-an.

Lupakan gaji
Apa maksudnya? Penulis buku The 10 Commandments of Money Liz Pulliam Weston menyarankan agar di usia 20-an, Anda tetap menjalankan gaya hidup ala mahasiswa yang serba hemat. Dengan gaya hidup yang sama tetapi penghasilan lebih besar, Anda bisa menabung lebih banyak.

Jadi meskipun sudah memiliki penghasilan sendiri, janganlah mudah tergiur dengan berbagai hal yang kurang bermanfaat. Saat akan membeli sesuatu, dahulukan kebutuhan, bukan keinginan.

Tinggal bersama orangtua
Tidak perlu merasa malu jika masih tinggal bersama orangtua. Jika ternyata tinggal di rumah orangtua masih memungkinkan meskipun jaraknya lebih jauh dari kantor, kenapa tidak?

Misal, rumah orangtua di Depok, sedangkan kantor di daerah Slipi, Jakarta. Ongkos pulang pergi menggunakan kereta lebih hemat dibanding bujet untuk sewa kos yang bisa mencapai Rp1 juta per bulan.

Bijak gunakan kartu kredit
Bertransaksi menggunakan kartu kredit bisa mendatangkan banyak keuntungan. Karena itu, memiliki kartu kredit sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Apalagi jika Anda sudah mendapat gaji tetap, lebih mudah untuk memiliki kartu kredit.

Meski demikian, Anda harus ingat jika kartu kredit juga punya bunga tinggi. Apalagi jika Anda tidak terbiasa membayar tagihan tepat waktu. Ketika tidak ada diskon atau kira-kira tidak mampu membayar sebelum jatuh tempo, hindari menggesek kartu kredit.

Punya dana darurat
Tujuan dari dana darurat ini untuk menjaga kelangsungan hidup jika kehilangan pekerjaan atau risiko finansial lainnya. Saat ada keperluan mendadak yang membutuhkan dana cepat, Anda juga tidak perlu berutang karena punya dana darurat.

Asuransikan diri Anda
Biaya berobat bisa sangat menguras tabungan. Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa menjauhkan Anda dari kebangkrutan. Terlebih jika Anda sudah berkeluarga. Namun, meski belum berkeluarga, tidak bijak membebani orangtua saat Anda jatuh sakit bukan?

Punya tujuan jangka panjang
Punya rumah, traveling keliling dunia sebelum usia 30 atau punya mobil, tuliskan saja apapun goal Anda. Tujuan ini membuat Anda semangat mengumpulkan uang dan membuat Anda berada di jalur yang benar. Semakin dini Anda menabung untuk mencapai tujuan ini, mimpi Anda semakin cepat terwujud.

Punya simpanan pensiun

Pensiun terasa jauh di awang-awang bagi usia 20-an. Namun, mulai menyiapkan tabungan pensiun segera setelah Anda mendapat pekerjaan pertama membuat Anda lebih mudah mencapai kesejahteraan saat pensiun. Pensiun sambil keliling dunia, pensiun di vila pribadi? Semuanya mungkin!

kumparan.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *