Kuartal III-2019, Premi Asuransi Umum Tembus Rp 57,9 T

by

Jakarta – Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatatkan premi asuransi umum hingga kuartal III 2019 tercatat Rp 57,9 triliun tumbuh 20,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 47,9 triliun.

Direktur Eksekutif AAUI Dody Dalimunthe menjelaskan pertumbuhan positif ini terjadi hampir di seluruh lini bisnis.

“Kecuali untuk asuransi energi off shore dan tanggung gugat, mereka mencatatkan pertumbuhan negatif di semester ini dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” kata dia dalam konferensi pers di kantor AAUI, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Dia menjelaskan, pertumbuhan premi kuartal III tahun 2019 yang terbesar dalam nominal maupun presentase pertumbuhan dibukukan pada lini usaha asuransi kredit.

Kemudian untuk premi kendaraan bermotor juga mengalami pertumbuhan yang melambat. Hal ini seiring dengan data yang dikeluarkan oleh Gaikindo yang mencatatkan penurunan kendaraan bermotor roda 4.

“Namun sejalan dengan peningkatan pencatatan premi, Klaim dibayar juga mengalami peningkatan,” jelas dia.

Klaim kuartal III 2019 tercatat Rp 25,8 triliun tumbuh 28,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 20,1 triliun.

Klaim ini paling banyak terjadi di semua lini usaha kecuali asuransi penerbangan atau pesawat udara dan tanggung gugat.

Seiring peningkatan klaim dibayar, rasio klaim dibayar pada kusrtal III 2019 juga mengalami peningkatan menjadi 44,6% dari periode sebelumnya 41,6%

Untuk bisnis reasuransi umum mencatatkan premi Rp 13,4 triliun atau naik 27,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 10,5 triliun

“Dari sisi klaim dibayar sampai kaurtal III 2019 sebesar Rp 4,5 triliun naik 34% dibanding periode yang sama tahun lalu Rp 3,3 triliun,” jelas dia.

 

 

Sylke Febrina Laucereno – detikFinance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *